• Jam Buka Toko: Jam 08.00 sd 16.30 WIB
  • Status Order
  • SMS/WA: 081320721877
  • owner.zevanic@gmail.com
Terpopuler:

Perbedaan Dasar Baju Tunik Dengan Baju Kurung

12 April 2017 - Kategori Blog

Dunia fashion khususnya wanita selalu mengalami perkembangan dan di dunia hijab juga muncul baju yang disebut dengan tunik. Baju ini memiliki panjang hingga lutut bahkan juga lebih namun dapat pula digunakan oleh mereka yang tidak berhijab. Tetapi masih ada juga beberapa orang yang sering keliru atau tidak dapat membedakan mana baju ini dengan kurung karena sama-sama menutupi tubuh hingga lutut dan juga sedikit melebar.

Bagaimana Membedakan Tunik dan Baju Kurung?

Sebenarnya yang dimaksud dengan tunik intinya adalah baju yang desainnya simpel dengan panjang mulai dari pinggul ke bawah yaitu hingga betis. Baju kurung sekilas memiliki desain yang sama sehingga banyak orang yang ingin membeli baju ini namun keliru dengan baju kurung. Baju kurung merupakan pakaian adat orang Melayu dan ciri utamanya adalah potongan kain yang longgar pada bagian dada, lengan dan juga perut. Saat wanita mengenakannya, maka panjang di bagian bawah baju bisa mencapai lutut. Akan tetapi perbedaannya adalah baju kurung tidak memiliki kancing maupun resleting di bagian baju. Selain itu juga tidak ditemukan kerah dan potongan leher membulat.

Biasanya variasi dari baju kurung ini adalah adanya sulam maupun renda di ujung lehernya. Karena baju ini merupakan pakaian adat atau tradsional, maka digunakannya untuk acara tertentu juga dan sudah memiliki kain samping maupun sarung. Sangat jarang ditemukan baju kurung yang modelnya berlainan atau bervariasi serta memiliki aturan khusus dalam memakainya seperti warna kuning hanya untuk anggota keluarga kerajaan saja. Sementara baju tunik mempunyai ciri yang berbeda dengan beragam aksen, desain, bentuk dan tidak tetap seperti baju kurung. Karakter utamanya terletak pada panjang yang mengarah ke bawah mulai dari pinggul hingga menuju bagian betis.

Banyak pula variasi yang diberikan oleh baju ini seperti ada kerah maupun lengan yang bervariasi. Sebenarnya meskipun baju ini baru terkenal di Indonesia dan disukai oleh para wanita khususnya bagi mereka yang berhijab, namun ternyata baju ini sudah dikenakan oleh bangsa Romawi dan pada mulanya bukan merupakan baju wanita melainkan lelaki dan hanya digunakan untuk acara yang formal.

Di masa itu, pakaian ini mampu menunjukkan status sosial seseorang dan inilah perbedaan antara baju tunik dengan baju kurung yang perlu Anda ketahui.

Perbedaan Dasar Baju Tunik Dengan Baju Kurung

Baju tunik merupakan baju wanita yang memiliki panjang rata-rata hingga lutut atau lebih namun banyak orang yang mengira baju ini ternyata adalah baju kurang padahal berbeda.